Manfaat Vitamin B Untuk Mencegah Kebas dan Kesemutan

Hello world!
August 12, 2019
Langkah Mudah Atasi Kesemutan Pada Tangan Dan Kaki
October 16, 2019

Kerap mengalami kesemutan sering datang bersamaan dengan rasa kebas?

Kesemutan dan kebas menjadi tanda utama terjadinya kerusakan sistem saraf tepi atau dalam istilah medis disebut neuropati. Kondisi ini umumnya sering terjadi tanpa adanya pemicu.

Umumnya, kebas dan kesemuatan akan hilang setelah berganti posisi tubuh. Kesemutan dan kebas pun lazim terjadi akibat kesalahan posisi duduk dan akan hilang setelah posisi diubah,

Bila kerap mengalaminya, hendaknya jangan terburu-buru untuk datang ke dokter ataupun mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Karena bisa jadi kondisi tersebut merupakan tanda jika sistem saraf di dalam tubuh mengalami kekurangan vitamin akibat kebutuhan gizi yang tidak seimbang.

Gejala kebas dan kesemutan pun muncul bukan dalam waktu singkat saat tubuh dan sistem saraf kekurangan vitamin, melainkan muncul saat tubuh sudah kekurangan vitamin dalam waktu yang lama.  Pada kondisi ini, kesemutan dan kebas terjadi akibat tubuh kekurangan vitamin B yang berguna untuk menjaga kesehatan.

Asupan vitamin tersebut terjadi pada daerah otot yang seringkali digunakan. Meskipun intensitas penggunaan otot ini berbeda-beda pada setiap orang, tergantung pada pekerjaan maupun aktivitas rutin yang dilakukannya.

Semakin tinggi aktivitas menggunakan otot tertentu, maka kebutuhan otot akan vitamin pun ikut meningkat. Meskipun demikian, jangan  terburu-buru untuk meningkatkan dosis dikarenakan tubuh juga memiliki mekanisme dalam menyerap vitamin ini.

Vitamin sistem saraf sebenarnya merupakan vitamin harian yang dubutuhkan setiap hari dalam jumlah tertentu, sehingga jika kekurangan akan muncul gejala kebas dan kesemutan serta jika kelebihan akan dibuang oleh tubuh.

Beberapa vitamin yang dimaksudkan adalah vitamin B1, B6 dan B12. Vitamin B1 sendiri memiliki fungsi penting dalam menciptakan energi yang berasal dari karbohidrat yang dikonsumsi oleh tubuh.

Untuk vitamin B6 sendiri berfungsi sebagai pendukung reaksi enzim metabolisme, terutama sebagai pendukung terciptanya sinyal pada jaringan saraf. Sementara vitamin B12 berfungsi sebagai bahan penting dalam pembentukan darah di sumsum tulang belakang serta pelindung jaringan saraf.

Kombinasi vitamin B1, B6 dan B12 secara rutin dan berkala mampu mengurangi gejala kebas dan kesemutan, bahkan jika sudah merusak saraf tepi. Gajala seperti kebas, kesemutan, rasa nyeri dan terbakar akan hilang secara signifikan.

Meskipun demikian, kekurangan vitamin B yang menimbulkan kesemutan dan kebas juga bisa terjadi pada orang-orang yang kurang mengkonsumsi daging dan kacang-kacangan. Serta gaya hidup yang tidak aktif ditambah dengan konsumsi minuman beralkohol.

 

 

Source :

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3921042/vitamin-b-bisa-redakan-kesemutan-dan-kebas-karena-neuropati

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20151031212006-255-88632/tak-perlu-buru-buru-minum-obat-saat-kesemutan

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3921245/ini-tandanya-kesemutan-dan-kebas-terjadi-karena-neuropati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *