Langkah Mudah Atasi Kesemutan Pada Tangan Dan Kaki

Manfaat Vitamin B Untuk Mencegah Kebas dan Kesemutan
August 22, 2019
Hello world!
October 28, 2019

Dalam istilah medis, kesemutan disebut paresthesia, yakni sensasi rasa geli atau mati rasa yang dirasakan bersamaan dengan rasa sakit seperti tertusuk jarum. Sensasi rasa kebas dan mati rasa ini dapat dirasakan dimana saja, terutama pada bagian tangan dan kaki. Kondisi ini terjadi ketika saraf secara tidak sengaja mendapatkan tekanan dan menyebabkan aliran darah tidak lancar, Dan hampir setiap orang pernah mengalami kesemutan, seperti saat duduk terlalu lama atau saat tidur.

Ada dua jenis kesemutan, yakni kesemutan sementara atau paresthesia temporer yang akan hilang sendiri setelah penekanan saraf dihilangkan. Serta paresthesia kronis atau kesemutan berkepanjangan yang disebabkan oleh adanya penyakit tertentu, seperti gangguan saraf, diabetes dan kekurangan vitamin B. Secara umum, penyebab utama kesemutan adalah saraf yang terjepit. Tubuh manusia memiliki miliaran saraf yang berfungsi sebagai jalur komunikasi dari otak dan tulang belakang ke seluruh tubuh.

Ketika tangan maupun kaki menerima begitu banyak tekanan dalam waktu lama, maka saraf-saraf yang menjalar di dalamnya akan terjepit. Saraf yang terjepit tersebut akan menyebabkan otak kekurangan informasi mengenai sensasi indera peraba yang diharapkan datang dari kumpulan saraf tersebut. Lebih dari itu, tekanan tersebut pun akan menghimpit pembuluh darah yang menyokong kinerja kumpulan saraf tersebut.

Sehingga berakibat saraf tidak bisa menerima darah serta oksigen yang dibutuhkan dari jantung. Itulah penyebab sinyal yang berasal dari saraf sensorif akan terblokir atau terhalang. Alhasil anggota tubuh yang bermasalah ini akan merasa mati rasa. Kesemutan dapat membuat penderitanya merasa tidak nyaman dan terganggu. Lantas, adakah cara atasi kesemutan pada tangan dan kaki?

Konsumsi Makanan Dengan Kandungan Vitamin B Kekurangan asupan vitamin B nyatanya dapat menyebabkan kesemutan, terutama vitamin B1, B6 dan B12. Mengkonsumsi makanan, seperti ikan, telur, susu, keju dan makanan kaya vitamin B lainnya merupakan cara atasi kesemutan yang bisa dilakukan dengan mudah.

Tingkatkan Asupan Magnesium Kadar magnesium yang rendah dalam tubuh bisa menyebabkan kesemutan. Karena magnesium merupakan salah satu mineral penting bagi persarafan dan dapat mencegah kerusakan saraf.
Suplai darah pun dapat meningkat dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan magnesium. Makanan yang tinggi magnesium diantaranya sayuran hijau, pisang, alpukat dan kacang-kacangan.

Rutin Olahraga Joging, bersepeda dan berenang dapat menjadi cara atasi kesemutan, karena ketiga jenis olahraga tersebut mampu meningkatkan suplai darah dalam tubuh.
Karena itulah, olahraga sangat diperlukan untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Serta meningkatkan mobilitas dan mencegah berbagai penyakit.

Konsumsi Suplemen Vitropic Forte Mengkonsumsi suplemen Virtopic Forte menjadi cara atasi kesemutan selanjutnya yang bisa Anda lakukan. Dalam setiap tablet suplemen ini terkadung 100 mg vitamin B1, 100 mg vitamin B6 dan 5000 mcg vitamin B12 yang dapat memenuhi kebutuhan kekurangan vitamin B pada tubuh dan sistem saraf.

Untuk itu, jangan lupa untuk mengkonsumsi satu tablet setiap harinya, sesudah makan secara rutin. Karena mencegah kerusakan sistem saraf yang ditandai dengan kesemutan jauh lebih baik dibandingkan mengobatinya. Tak hanya akibat tekanan pada saraf, kesemutan juga bisa terjadi akibat gangguan kesehatan atau penyakit tertentu, karena itu jika kondisi ini terjadi berkepanjangan, Anda perlu mewaspadainya. Karena bisa saja konsisi ini merupakan gejala terjadinya kerusakan sistem saraf atau neuropati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *